Mengenal Console VB.Net

Posted by Frits Alfonsus Wantania Saturday, May 11, 2013 0 comments
Microsoft .NET Framework (dibaca Microsoft Dot Net Framework) atau lebih dikenal dengan singkatan dot net merupakan sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi Microsoft Windows, saat ini .NET Framework umumnya telah terintegrasi dalam distribusi standar Windows (mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows yang lebih baru). Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem. Berbeda halnya dengan tipikal aplikasi konvensional umumnya, program yang ditulis dengan memanfaatkan .NET Framework berjalan pada lingkungan perangkat lunak melalui Common Language Runtime, dan bukan perangkat keras secara langsung. Hal ini memungkinkan aplikasi yang dibuat di atas .NET secara teoritis dapat berjalan pada perangkat keras apapun yang didukung oleh .NET Framework. Perangkat lunak ini adalah kunci penawaran utama dari Microsoft, dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows.

Pada dasarnya, .NET Framework memiliki 2 komponen utama: CLR dan .NET Framework Class Library.

Program - program yang ditulis untuk .NET Framework dijalankan pada suatu lingkungan software yang mengatur supaya persyaratan-persyaratan runtime program. Runtime environment ini, yang juga merupakan suatu bagian dari .NET Framework, dikenal sebagaiCommon Language Runtime (CLR). CLR menyediakan penampilan dari application virtual machine, sehingga para programmer tidak perlu mengetahui kemampuan CPU tertentu yang akan menjalankan program. CLR juga menyediakan layanan-layanan penting lainnya seperti jaminan keamanan, pengaturan memori, garbage collection dan exception handling / penanganan kesalahan pada saat runtime. Class library dan CLR ini merupakan komponen inti dari .NET Framework. Kerangka kerja itu pun dibuat sedemikian rupa agar para programmer dapat mengembangkan program komputer dengan jauh lebih mudah, dan juga untuk mengurangi kerawanan aplikasi dan juga komputer dari beberapa ancaman keamanan.
CLR adalah turunan dari CLI (Common Language Infrastructure) yang saat ini merupakan standar ECMA. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan mengunjungi situs ECMA atau kunjungi sumber pranala di bawah artikel ini.

Solusi-solusi program pembentuk class library dari .NET Framework mengcover area yang luas dari kebutuhan program pada bidang user interface, pengaksesan data, koneksi basis data, kriptografi, pembuatan aplikasi berbasis web, algoritma numerik, dan komunikasi jaringan. Fungsi-fungsi yang ada dalam class library dapat digabungkan oleh programmer dengan kodenya sendiri untuk membuat suatu program aplikasi baru.

Pada berbagai literatur dan referensi di Internet, .NET Framework seringkali disingkat menjadi .NET saja.
.NET seringkali juga dapat diartikan sebagai platform, yang merupakan suatu lingkungan terpadu untuk pengembangan dan eksekusi untuk berbagai macam bahasa pemrograman dan kumpulan library untuk bekerja sama membuat dan menjalankan aplikasi berbasis Windows yang lebih mudah untuk dibuat, diatur, didistribusikan, dan diintegrasikan dengan sistem jaringan lain.

Dalam perkembangannya, .NET seringkali dikaitkan pula dengan versi Visual Studio yang sesuai dengan dukungan versi yang bersangkutan untuk pengembangan aplikasi. Berikut ini versi .NET dan versi Visual Studio yang terkait: Microsoft memulai pengembangan .NET Framework di akhir 1990 dengan nama awal Next Generation Windows Services (NGWS). Pada akhir 2000 versi beta .NET 1.0 dirilis

Versi 3.0 dari .NET Framework disertakan di Windows Server 2008 dan Windows Vista. Version 3.5 disertakan di Windows 7, dan bisa juga diinstall di Windows XP maupun Windows Server 2003. Pada 12 April 2010 .NET Framework 4 dirilis bersamaan dengan applikasi Visual Studio 2010.

.NET Framework terdiri dari dua versi yaitu mobile dan embedded. Versi mini dari framework .NET Compact Framework, tersedia untuk platform smartphone khususnya Windows CE dan Windows Mobile. .NET Micro Framework lebih ditargetkan untuk device yang membutuhkan kinerja tinggi.

.NET 2.0, 3.0 dan 3.5 memiliki CLR yang sama. Dengan demikian, struktur IL juga sama. Adapun fasilitas penambahan kata kunci pemrograman seperti pada LINQ yang sebenarnya lebih mengarah sebagai fitur bahasa pemrograman (programming language feature) sehingga bukan merupakan fitur CLR. Implementasi .NET 2.0 saat ini juga memiliki Mono, perangkat lunak varian yang dapat berjalan di Linux dan UNIX.

Ø Praktek 1
a. Buat listing program sebagai berikut di notepad atau aplikasi lain berbasis vb:
Module Hello
  Sub main()
     System.console.writeline(“Hello World !”)
     End sub
   End Module

b. Simpan dengan nama module_1a.vb di drive H:\vb (penyimpanan bebas) disini saya menyimpannya di drive H folder vb.

c. Eksekusi program tersebut dengan jalan mengetikkan perintah berikut pada DOS Prompt H:\vb\VBC module_1a.vb

d. Ketikkan perintah berikut pada DOS Prompt:
path=%path%; C:\Windows\Microsoft.NET\Framework\v2.0.50727

e. Eksekusi kembali seperti perintah “c.” diatas.


Ø Praktek 2
a. Buat listing program sebagai berikut:
Option Explicit On
Imports System
Public Module modmain
   Sub Main()
         Dim Bill As Integer
         Dim Bil2 As Integer
         Console.Write("Masukan Bilangan Pertama :")
         Bill = Console.ReadLine()
         Console.Write("Masukan Bilangan Kedua :")
         Bil2 = Console.ReadLine()
         REM Operator Aritmatika
Console.WriteLine(Bill & " + " & Bil2 & " : " &Bill +Bil2.ToString())
Console.WriteLine(Bill & " - " & Bil2 & " : " &Bill -Bil2.ToString())
         'Operator pembanding
Console.WriteLine(Bill & " = " & Bil2 & " : " &(Bill = Bil2))
Console.WriteLine(Bill & " <> " & Bil2 & " : " &(Bill<>Bil2))
   End Sub
End Module


1. Cara untuk menuiliskan komentar pada listing program VB adalah dengan menambahkan symbol (‘) didepan komentar atau dengan menuliskan kata “REM” didepan komentar. Ini dipakai untuk mempermudah penjelasan listing program digunakan ketika kita membutuhkan keterangan atau penjelasan. Tetapi tidak akan terkompile.

2. Agar VBC dapat dijalankan dimanapun harus disetting dulu Path dan Classpathnya.

3. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari modul 1 ini yaitu di dalam Microsoft Visual Studio.Net terdapat tools pengembangan untuk membangun aplikasi web ASP.NET, XML Web Service, aplikasi desktop dan aplikasi mobile. unttuk dapat mengeksekusi program vb diperlukan setting path dan classpath.

4. Contoh Program untuk menampilkan biodata:
Scriptnya Sbb:
Option explicit on
imports system
public module biodata
   sub main()
         dim nim as integer
         dim nama as string
         dim tmpt_lahir as string
         dim tgl_lahir as date
         dim alamat as string
         dim fakultas as string
   console.write ("Masukkan NIM anda  : ")
   nim = console.readline()
   console.clear()
   console.write ("Masukkan Nama anda : ")
   nama = console.readline()
   console.clear()
   console.write ("Masukkan Tempat Lahir anda : ")
   tmpt_lahir = console.readline()
   console.clear()
   console.write ("Masukkan Tanggal Lahir anda: ")
   tgl_lahir = console.readline()
   console.clear()
   console.write ("Masukan Alamat anda: ")
   alamat = console.readline()
   console.clear()
   console.write ("Masukkan Fakultas Kuliah anda: ")
   fakultas = console.readline()
   console.clear()
  
   console.writeline("NIM anda adalah " & nim)
   console.writeline("Nama anda adalah " & nama)
console.writeline("Tempat dan tanggal lahir anda adalah " & tmpt_lahir & ", " & tgl_lahir)
   console.writeline("Alamat anda adalah " & alamat)
   console.writeline("Saat ini anda kuliah di " & fakultas)
  
  
   end sub
end module

Simpan Filenya dengan ekstensi .vb lalu jalankan di command prompt setelah dicompile terlebih dahulu.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Di blog saya dengan judul artikel: Mengenal Console VB.Net
Yang ditulis oleh Frits Alfonsus Wantania
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://phonks.blogspot.com/2013/05/mengenal-console-vbnet.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

trikmudahseo.blogspot.com support phonks.blogspot.com - Original design by Bamz | Copyright of do with heart.