ALGORITMA dan PEMROGRAMAN

Posted by Frits Alfonsus Wantania Saturday, May 4, 2013 0 comments

Definisi Algoritma :


Logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.
Urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah .
Spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan tujuan untuk memecahkan masalah.

Perbedaan Algoritma dan Program ?



Program merupakan implementasi dari bahasa pemrograman yang terdiri dari kumpulan instruksi komputer.
Algoritma merupakan metode dan tahapan sistematis dalam program.



Bentuk Penyajian Algoritma
1.        Bentuk tulisan
·            Uraian deskriptif
·            Pseudocode
2.        Bentuk gambar
·            Flowchart
·            Structure chart
·            DFD (Data Flow Diagram)
·            Warnier Diagram
·            IPO (Input Process Output)
·            HIPO (Hierarchical Input Process Output)


URAIAN DESKRIPTIF


Uraian deskriptif merupakan algoritma yang disajikan dengan menggunakan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris).

Contoh :
Ø  Menghitung luas persegi panjang.
1.        Baca panjang dan lebar (P,L)
2.        Hitung luas (Luas = P * L)
3.        Cetak hasil (Luas)

Ø  Menghitung rata-rata tiga buah data
1.        Baca bilangan a, b, dan c
2.        Jumlahkan ketiga bilangan tersebut
3.        Bagi jumlah tersebut dengan 3
4.        Tulis hasilnya


PSEUDOCODE

Pseudocode adalah algoritma yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya. Pseudocode ditulis berbasiskan bahasa pemrograman tertentu misalnya Pascal, C atau Python, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan dengan pemrogram. Pseudocode lebih rinci dibandingkan dengan uraian deskriptif, misalnya dalam menyatakan sintaksis, variabel, tipe data yang digunakan dan lain-lain.

Dalam pseudocode selalu terdiri dari tiga bagian yaitu :
·            Judul (header)
·            Kamus
·            Algoritma

Pada setiap bagian tersebut apabila akan dituliskan komentar mengenai setiap bagian tersebut dituliskan diantara tanda kurung kurawal.
Contoh :
       { Komentar }

Judul
     { Pada bagian ini adalah komentar mengenai algoritma seperti cara kerja program, kondisi awal dan kondisi akhir dari algoritma }
Kamus
     { Pada bagian ini adalah mendefinisikan nama konstanta, nama variabel, nama prosedur dan nama fungsi }
Algoritma
     { Pada bagian ini algoritma dituliskan. Semua teks yang dituliskan tidak diantara tanda kurung kurawal akan dianggap sebagai notasi algoritma yang akan berpengaruh terhadap kebenaran algoritma }

·            Judul (header)
Judul adalah bagian teks algoritma yang digunakan sebagai tempat mendefinisikan nama dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program, prosedur, atau fungsi. Nama algoritma sebaiknya singkat namun cukup menggambarkan apa yang akan dilakukan oleh algoritma tersebut.

Contoh :
Program Luas_Kubus
     { Menghitung luas kubus untuk ukuran sisi yang dibaca dari piranti masukan lalu mencetak hasilnya ke piranti keluaran }


·            Kamus (Deklarasi)
Kamus adalah bagian teks algoritma sebagai tempat untuk mendefinisikan :
o    Nama Tipe
o    Nama Konstanta
o    Nama Variabel
o    Nama Fungsi
o    Nama Prosedur

 Contoh :
Kamus

     { Nama type hanya untuk typr yang bukan type dasar }

        type jam : <hh,mm,ss : integer


     { Nama konstanta, harus menyebutkan type dan nilai }

        constant phi : real = 3,14159
        constant nama : string = “Alex”
        constant benar : boolean = true


     { Nama variabel, harus menyebutkan type }

        x, y : integer      { nilai yang bertipe bilangan bulat }
        max : real          { nilai yang bertipe bilangan real }
        nama : string     { merupakan kumpulan karakter }
        cari : boolean     { nilai logika }


     { Nama fungsi, menyebutkan domain dan range }

        function RealtoInt (x : real) → integer

        { mengubah harga x yang bertipe real menjadi harga yang bertipe integer }
       

     { Nama prosedur, menyebutkan inisial state (IS), final state (FS) dan proses }

        Procedure tukar (input/output x,y : integer)

        { IS        →  x dan y terdefinisi, x = a dan y = b
           FS       →  x = b dan y = a
           Proses →  menukar isi informasi bilangan x dan y }


·            Algoritma (Deskripsi)
Algoritma adalah bagian inti dari suatu algoritma yang berisi instruksi atau pemanggilan aksi yang telah didefinisikan.

Contoh :
Algoritma
     input (sisi)      {menerima masukan untuk variabel sisi}
     luas ← sisi*sisi {luas di assignment oleh nilai sisi*sisi}
     output (luas)     {hasil keluaran berupa bilangan luas}


FLOWCHART

Flowchart (bagan alir) merupakan representasi secara grafik dari suatu algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan suatu masalah.

Flowchart terdiri dari dua macam, yaitu :
1.        Flowchart Sistem
Yaitu diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data dan koneksi antar peralatan tersebut.
Flowchart sistem digunakan untuk menggambarkan urutan langkah dalam memecahkan masalah, tetapi hanya berisi prosedur dalam sistem yang dibentuk.

Simbol-simbol yang digunakan :


2.        Flowchart Program
Yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.

Simbol-simbol yang digunakan :



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Di blog saya dengan judul artikel: ALGORITMA dan PEMROGRAMAN
Yang ditulis oleh Frits Alfonsus Wantania
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://phonks.blogspot.com/2013/05/algoritma-dan-pemrograman.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

trikmudahseo.blogspot.com support phonks.blogspot.com - Original design by Bamz | Copyright of do with heart.